Berapa kah Client PPPoE yang mampu di layani sebuah Mikrotik?dengan bandwidth WAN 30 Mbps

Orang Jaringan
0

 

Aktifitas Client PPPoE pada RB750 Versi 3

Kemampuan sebuah router MikroTik dalam menampung pengguna PPPoE dalam waktu bersamaan dan bandwidth WAN 30 Mbps tergantung pada beberapa faktor, seperti model perangkat dan konfigurasi jaringan yang digunakan.

Sebagai contoh, jika router MikroTik yang digunakan adalah model dengan CPU dan RAM yang cukup besar, seperti seri CCR (Cloud Core Router) atau CRS (Cloud Router Switch), maka kemampuan router dalam menampung pengguna PPPoE dan memproses lalu lintas jaringan dengan bandwidth 30 Mbps dapat mencapai ratusan bahkan ribuan pengguna, tergantung pada konfigurasi dan optimasi jaringan yang digunakan.

Namun, jika router yang digunakan adalah model yang lebih rendah seperti seri RB (RouterBoard) atau hAP (Home Access Point), kemampuan router dalam menampung pengguna PPPoE dan memproses lalu lintas jaringan dengan bandwidth 30 Mbps mungkin akan lebih terbatas dan hanya dapat menampung beberapa puluh atau ratusan pengguna saja.

Oleh karena itu, untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dari sebuah router MikroTik dalam menampung pengguna PPPoE dan memproses lalu lintas jaringan dengan bandwidth 30 Mbps, perlu dilakukan uji coba dan pengujian yang lebih spesifik dengan menggunakan konfigurasi jaringan yang sesuai dan alat pengukur kinerja jaringan yang tepat.

Contoh kasus pada router board seri hAP lite dengan RAM 32Mb

RouterBoard seri hAP lite dengan RAM 32Mb termasuk ke dalam kategori router MikroTik yang memiliki spesifikasi rendah. Meskipun demikian, router ini masih mampu menangani beberapa pengguna PPPoE dan bandwidth WAN 30 Mbps dengan baik, tergantung pada beberapa faktor seperti konfigurasi jaringan dan optimasi kinerja router yang dilakukan.

Sebagai contoh kasus, misalkan ada sebuah jaringan kecil dengan 10 pengguna yang menggunakan layanan PPPoE dan tersambung ke router MikroTik seri hAP lite. Dalam kondisi ini, asalkan konfigurasi jaringan dan pengaturan kinerja router sudah dioptimalkan dengan baik, maka router MikroTik seri hAP lite dengan RAM 32Mb masih mampu menangani kebutuhan jaringan tersebut dengan baik.

Namun, jika jumlah pengguna PPPoE yang ditangani semakin banyak dan lalu lintas jaringan semakin kompleks, maka kinerja router MikroTik seri hAP lite dengan RAM 32Mb kemungkinan akan terpengaruh dan kinerjanya akan menurun. Sehingga, pada kasus yang lebih kompleks sebaiknya menggunakan router dengan spesifikasi yang lebih tinggi seperti seri CCR atau CRS yang memiliki CPU dan RAM yang lebih besar.

Dalam hal ini, optimasi dan pengaturan kinerja jaringan yang baik sangat penting untuk memaksimalkan kemampuan router MikroTik seri hAP lite dengan RAM 32Mb dalam menangani pengguna PPPoE dan lalu lintas jaringan.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa kemampuan sebuah router MikroTik dalam menampung pengguna PPPoE dalam waktu bersamaan dengan bandwidth WAN 30 Mbps tergantung pada beberapa faktor, seperti model perangkat, spesifikasi CPU dan RAM, serta konfigurasi dan optimasi jaringan yang digunakan. Sebuah router MikroTik dengan spesifikasi rendah seperti seri hAP lite dengan RAM 32Mb masih mampu menangani beberapa pengguna PPPoE dan bandwidth WAN 30 Mbps dalam kondisi optimal, namun untuk kebutuhan jaringan yang lebih kompleks, disarankan menggunakan router dengan spesifikasi yang lebih tinggi seperti seri CCR atau CRS. Penting untuk melakukan optimasi dan pengaturan kinerja jaringan yang baik agar kemampuan router dapat dimaksimalkan dan performa jaringan menjadi lebih baik.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top