ARP (Address Resolution Protocol) Fungsi dan Cara Kerjanya

Orang Jaringan
0

 


ARP (Address Resolution Protocol) adalah protokol jaringan yang digunakan untuk menentukan alamat fisik (MAC Address) dari sebuah alamat IP (Internet Protocol). Setiap perangkat jaringan seperti komputer, router, switch, dan lainnya memiliki alamat fisik yang unik yang dikenal sebagai MAC Address, sedangkan alamat IP digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan.

Ketika suatu perangkat ingin mengirimkan paket ke perangkat lain di jaringan, maka perangkat tersebut memerlukan alamat MAC dari perangkat tujuan. ARP berfungsi untuk menentukan alamat MAC dari perangkat tujuan dengan menggunakan alamat IP yang diketahui.

Proses ARP dimulai ketika sebuah perangkat mengirimkan paket ke alamat IP tujuan. Perangkat tersebut kemudian akan melakukan permintaan ARP untuk menentukan alamat MAC dari perangkat tujuan. Permintaan ARP ini dikirimkan ke seluruh perangkat pada jaringan, dan hanya perangkat yang memiliki alamat IP yang diminta yang akan memberikan balasan yang berisi alamat MAC-nya.

Setelah alamat MAC dari perangkat tujuan diketahui, maka perangkat pengirim akan memasukkan alamat MAC tersebut ke dalam tabel ARP-nya. Tabel ARP ini berisi daftar alamat IP dan alamat MAC yang telah ditemukan sebelumnya, sehingga pada pengiriman paket berikutnya, perangkat pengirim tidak perlu lagi melakukan permintaan ARP untuk mengetahui alamat MAC dari perangkat tujuan yang sama.

Secara ringkas, ARP adalah protokol jaringan yang digunakan untuk menentukan alamat fisik (MAC Address) dari sebuah alamat IP, yang sangat penting dalam proses pengiriman paket data pada jaringan.

Cara Kerja

Cara kerja ARP dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut:

  1. Ketika suatu perangkat ingin mengirimkan paket data ke perangkat lain di jaringan, perangkat tersebut akan mengecek apakah alamat IP tujuan telah terdaftar di dalam tabel ARP-nya. Jika alamat IP tujuan sudah terdaftar, maka perangkat tersebut dapat langsung menggunakan alamat MAC yang terkait dalam tabel ARP-nya untuk mengirimkan paket data.

  2. Jika alamat IP tujuan belum terdaftar di dalam tabel ARP-nya, maka perangkat pengirim akan mengirimkan permintaan ARP broadcast ke seluruh perangkat pada jaringan, yang berisi permintaan untuk mendapatkan alamat MAC dari alamat IP tujuan.

  3. Setiap perangkat di jaringan akan menerima permintaan ARP broadcast tersebut, dan perangkat yang memiliki alamat IP yang diminta akan merespons dengan mengirimkan balasan ARP unicast yang berisi alamat MAC-nya ke perangkat pengirim.

  4. Setelah perangkat pengirim menerima balasan ARP unicast, maka alamat MAC tujuan akan dimasukkan ke dalam tabel ARP-nya, sehingga pada pengiriman paket data berikutnya ke alamat IP tujuan tersebut, perangkat pengirim tidak perlu lagi melakukan permintaan ARP yang sama.

  5. Tabel ARP akan diupdate secara berkala untuk memastikan informasi yang terdapat dalam tabel selalu up-to-date dengan kondisi jaringan saat ini.

Secara keseluruhan, ARP memungkinkan perangkat di jaringan untuk saling berkomunikasi dan mengirimkan paket data dengan mengetahui alamat MAC dari perangkat tujuan, yang merupakan alamat fisik unik dari setiap perangkat pada jaringan. ARP juga dapat mempercepat proses pengiriman paket data dengan menyimpan informasi alamat MAC yang telah diketahui pada tabel ARP, sehingga pada pengiriman berikutnya, perangkat pengirim tidak perlu melakukan permintaan ARP yang sama.

Message ARP

Ada dua jenis pesan (message) dalam protokol ARP, yaitu:

  1. ARP Request: Pesan ini digunakan oleh perangkat pengirim untuk meminta informasi alamat MAC dari perangkat tujuan yang memiliki alamat IP tertentu. Pesan ARP Request biasanya dikirim dalam bentuk broadcast ke seluruh perangkat pada jaringan.

  2. ARP Reply: Pesan ini digunakan oleh perangkat tujuan untuk merespons permintaan ARP Request dari perangkat pengirim dengan memberikan informasi alamat MAC-nya. Pesan ARP Reply dikirim dalam bentuk unicast ke perangkat pengirim.

Kedua jenis pesan tersebut mengandung informasi yang sama, yaitu alamat IP dan alamat MAC dari perangkat yang diminta dan/atau merespons. Informasi tersebut digunakan oleh perangkat di jaringan untuk mengirimkan paket data ke alamat tujuan yang benar.

Peranan

Pada jaringan komputer, setiap perangkat yang terhubung ke jaringan memiliki dua jenis alamat, yaitu alamat IP dan alamat MAC. Alamat IP digunakan untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan yang lebih tinggi, sedangkan alamat MAC digunakan pada layer yang lebih rendah untuk mengidentifikasi perangkat secara unik pada jaringan.

Ketika perangkat ingin mengirimkan paket data ke perangkat lain di jaringan, perangkat tersebut harus mengetahui alamat MAC perangkat tujuan. Untuk itu, perangkat pengirim menggunakan protokol ARP untuk mencari tahu alamat MAC perangkat tujuan dengan mengetahui alamat IP perangkat tersebut.

Pada saat mengirimkan data, perangkat pengirim akan mengirimkan pesan ARP Request ke seluruh perangkat pada jaringan, yang berisi permintaan informasi alamat MAC perangkat tujuan. Perangkat tujuan yang memiliki alamat IP tersebut akan merespons pesan tersebut dengan mengirimkan pesan ARP Reply yang berisi informasi alamat MAC-nya. Dengan demikian, perangkat pengirim akan mendapatkan informasi alamat MAC perangkat tujuan, sehingga dapat mengirimkan paket data ke alamat tersebut.

Dalam keseluruhan proses tersebut, protokol ARP berperan penting dalam mengidentifikasi dan memastikan alamat MAC perangkat tujuan pada jaringan, sehingga memungkinkan perangkat untuk saling berkomunikasi dan bertukar data dengan efisien.

Kesimpulannya

ARP (Address Resolution Protocol) adalah protokol pada jaringan komputer yang digunakan untuk mencari tahu alamat MAC (Media Access Control) dari suatu perangkat dengan mengetahui alamat IP (Internet Protocol) yang terkait. Dalam protokol ARP, terdapat dua jenis pesan, yaitu ARP Request dan ARP Reply, yang digunakan oleh perangkat pengirim dan tujuan untuk bertukar informasi alamat MAC dan IP. Dengan menggunakan ARP, perangkat pada jaringan dapat saling berkomunikasi dan mengirimkan paket data dengan mengetahui alamat MAC perangkat tujuan, sehingga mempercepat proses pengiriman dan penerimaan data. 



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top